25 Juni 2014. 11.00 am WITA. @Garuda Wisnu Kencana, Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali. Tari Baron dan Rangge. Pentas seni yang menc...

Seni dan Pergulatan Hidup


25 Juni 2014. 11.00 am WITA.
@Garuda Wisnu Kencana, Bukit Unggasan - Jimbaran, Bali.
Tari Baron dan Rangge. Pentas seni yang menceritakan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Menyajikan suguhan apik dan decak kagum bagi para penontonnya termasuk saya yang duduk sendiri di antara turis-turis asing yang juga kebetulan berkunjung ke tempat ini.

Ada pertanyaan menarik di benakku. Mengapa kejahatan dan kebaikan selalu diposisikan saling berdikotomi, bukan saja dalam dunia seni seperti ini, dalam dunia nyata pun kita sering mengklasterkan kedua hal tersebut.  Baik selalu identik dengan putih dan buruk yang menjadi hitamnya.

 Bagiku, dua hal tersebut sejatinya tidak bisa kita saling pertentangkan. Meskipun kenyataannya mereka memilih jalannya masing-masing. Toh bukankah tidak ada manusia yang seutuhnya baik, ataupun sebaliknya tidak pernah ada manusia yang benar-benar buruk. Masing-masing kita memiliki potensi yang sama.  Hari ini bisa jadi kita berada dalam posisi yang  menguntungkan diposisikan dalam kondisi yang baik tapi belum tentu besok kita seberuntung itu, mungkin saja  kita tiba-tiba saja terjebak dalam kondisi yang sangat bajingan.

Baik dan buruk hanya ibarat dua sisi mata uang yang saling bersisian. Saling membutuhkan dan saling melengkapi. Kita tidak pernah bisa memahami nilai-nilai kebaikan jika sekiranya si buruk tidak pernah menampakkan tabiatnya. Begitu pun sebaliknya, keburukan tidak akan pernah nampak jika nilai-nilai kebaikan memang tidak pernah di definisikan. Bagiku kita hanya terus menerus bertarung dalam kondisi abu-abu itu.


0 komentar: