aku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan, untuk menentukan apa jadinya diriku aku bisa melangkah memas...

The Kite Runner




aku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan,
untuk menentukan apa jadinya diriku
aku bisa melangkah memasuki gang itu,
membela Hasan dan menerima apapun yang mungkin menimpaku
atau aku bisa melarikan diri.
akhirnya aku melarikan diri

Amir telah mengkhianati Hasan, satu-satunya sahabatnya, Saudaranya. Rasa bersalah menghantuinya. menyingkirkan Hasan dari kehidupannya adalah pilihan yang ada. namun setelah Hasan pergi, tak ada lagi yang tersisa dari masa kecilnya. Seperti layang-layang putus sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi, masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama, dan seperti layang-layang tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangan yang mewujud kembali.
The Kite Runner adalah sebuah kisah petualang penuh kekuatan tentang persaudaraan, kasih sayang, pengkhianatan, dan penderitaan. Khaled Hosseini dengan brilian menghadirkan sisi-sisi lain dari Afghanistan, negeri indah yang hingga kini masih menyimpan duka.
Novel Best Seller setebal 612 halaman ini sukses membuat para pembacanya terhipnotis dengan alurnya yang apik dan sangat menyentuh. Kisah ini begitu kuat dengan penokohannya serta plot cerita yang begitu detail, nyaris tidak ada bagian dalam novel ini yang sia-sia. Buku ini penuh ironi, tapi di satu sisi kita akan mencintai setiap karakter penokohannya dengan berbagai kekurangan dan kelebihannya. Sebuah buku tentang realita kehidupan yang terasa begitu nyata. Buku ini menjadi pertama dan satu-satunya buku Afgan yang ditulis dalam bahasa inggris dan telah diterjemahkan lebih dari 40 bahasa termasuk bahasa Indonesia. 
Buku ini begitu syarat dengan pesan-pesan moral yang coba disampaikan penulisnya. Membuka tiap lembaran-lembarannya akan mengantarkan anda ke sudut-sudut kota Kabul dan turut larut dalam penderitaan  masyarakat di sana akan peran yang berkepanjangan. Saya tidak bisa berkata banyak tentang buku ini, saya menyelesaikannya hanya dalam waktu dua hari tapi hingga beberapa hari setelah saya membacanya saya masih terus memikirkannya. Saya cukup menyesal, mengepa setelah hampir 15 tahun buku ini terbit saya baru menumkannya beberapa hari yang lalu. Oh iya, selain telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, buku ini juga telah difilmkan dengan  judul yang sama. Berikut ada beberapa quotes dari penulis yang membuat saya speechless banget.
 

"For you, a thousand times over"


“It may be unfair, but what happens in a few days, sometimes even a single day, can change the course of a whole lifetime."


“And that's the thing about people who mean everything they say. They think everyone else does too.”

“There is only one sin. and that is theft... when you tell a lie, you steal someones right to the truth.”

“it always hurts more to have and lose than to not have in the first place.”  

“There is a way to be good again...” 

“When you kill a man, you steal a life. You steal his wife's right to a husband, rob his children of a father. When you tell a lie, you steal someone's right to the truth. When you cheat, you steal the right to fairness.”  

“It was only a smile, nothing more. It didn't make everything all right. It didn't make ANYTHING all right. Only a smile. A tiny thing. A leaf in the woods, shaking in the wake of a startled bird's flight. But I'll take it. With open arms. Because when spring comes, it melts the snow one flake at a time, and maybe I just witnessed the first flake melting. - Amir” 

“There are a lot of children in Afghanistan, but little childhood.”  

“Not a word passes between us, not because we have nothing to say, but because we don't have to say anything” 

“People say that eyes are windows to the soul.”  

“It's wrong what they say about the past, I've learned, about how you can bury it. Because the past claws its way out.” 

“Quiet is peace. Tranquility. Quiet is turning down the volume knob on life. Silence is pushing the off button. Shutting it down. All of it. - Amir”  

“In the end, the world always wins. That's just the way of things.” 

“Better to get hurt by the truth than comforted with a lie.”  

by:

0 komentar: