Setelah di moratorium sejak 2015 kemarin tahun 2017 ini pemerintah Indonesia kembali membuka lowongan CPNS di beberapa instansi, kement...

Tips dan Trik Lulus CPNS 2017


Setelah di moratorium sejak 2015 kemarin tahun 2017 ini pemerintah Indonesia kembali membuka lowongan CPNS di beberapa instansi, kementerian dan lembaga, setidaknya ada kurang lebih 60 Kementerian dan lembaga yang membuka lowongan penerimaan CPNS di tahun ini dengan berbagai macam formasinya.

Di oh iya sebelumnya tahun 2014 kemarin saya berhasil diterima sebagai CPNS di salah satu lembaga tinggi negara. Saya melewati serangkaian tes yang bisa dibilang tidak mudah. Tapi Alhamdulillah saya berhasil melewati semua tahapan itu dengan baik.


Akhir-akhir ini saya sering mendapat pertanyaan bagaimana bisa lulus CPNS ?.bagaimana kita bisa melewati passing grade yang ditetapkan kemenpan  ? dan bahkan pertanyaan-pertanyaan konyol seperti maaf “habis duit berapa buat nembus CPNS” bahkan ada yang dengan teganya meminta saya menjadi calo untuknya  dengan dijanjikan macam-macam bila diterima CPNS.. hahahhahah saya bukan calok Pak.

Lain lagi bapak-bapak kenalan saya, dia hampir saja ketipu 200 juta karena iming-iming anaknya bisa di angkat CPNS daerahnya. Beruntung malam itu dia menyempatkan menelepon saya. Setau saya penerimaan CPNS beberapa tahun terakhir tepatnya dari tahun 2013  sudah lebih transparan dibanding sebelum-sebelumnya. Dengan adanya sistem CAT ini seleksi CPNS jadi lebih kompetitif, begitu nilaimu tidak mencapai gradenya jangan harap bisa melangkah ke tahap berikutnya . Jadi jangan pernah percaya Calok-calok CPNS berhati busuk diluar sana.

Sebelum membahas lebih jauh tips dan trik lulus CAT yang perlu kita ketahui terlebih dahulu adalah apa sih sebenarnya tes CAT itu. Tes CAT atau Computer Assessment Test adalah tes berbasis komputer yang didasarkan pada dua penilaian utama yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD)  dan  Tes Kompetensi Bidang (TKB). Khusus TKD kalian harus melewati passing grade (ambang batas) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Passing grade  tahun ini ditetapkan sebesar 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Intelegensia Umum (TIU) dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jika kalian tidak bisa melewati ambang batas ini artinya kalian tidak bisa melangkah ke tahap berikutnya. Sedang Tes Kompetensi Bidang (TKB) disesuaikan jurusan formasi peserta cpns yang dilamar, semisal dokter, guru, hukum dan lainnya. Tidak semua jurusan formasi yang dilamar  terdapat ujian CAT TKB nya.  Seperti jurusan saya kemarin “Akuntansi” yang kebetulan tidak ada TKBnya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD) sendiri didasarkan pada tiga komponen penilaian utama yakni:
  • ·         Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),
  • ·         Soal Tes Intelejensi Umum (TIU);            
  • ·         Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dari sini, kita akan memulai membahas satu persatu tiga kompenen penilaian TKD di atas

  1. Tes Wawasan kebangsaan (TWK). Bobot  75
Soal CAT CPNS  Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari Tes Kompetensi Dasar yang akan diujikan bagi para peserta seleksi cpns untuk menilai peserta cpns dalam penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
– Pancasila
– Undang Undang Dasar 1945
– Bhineka Tunggal Ika
– Negara Kesatuan Republik Indonesia
   * Sistem tata negara Indonesia
* Pemerintah pusat dan pemerintah daerah
* Sejarah perjuangan bangsa,
* Peranan Bangsa Indonesia
* Kemampuan berbahasa indonesia.

Saya sarankan kalian harus membaca  buku 4 pilar kebangsaan itu. Saya tidak membaca banyak referensi untuk tes ini. Satu-satunya yang kubaca hanyalah buku 4 pilar kebangsaan. Buku itu bisa di dapatkan gratis di internet tinggal download versi pdfnya. Bila kesulitan saya bisa mengirimkan materi ini ke email kalian. Silahkan tinggalan komentar di kolom komentar blog ini. 

2.  Intelejensi Umum (TIU) Bobot 80
Soal CAT CPNS Tes Intelejensi Umum (TIU) merupakan tes untuk meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis yang terdiri:
Soal CPNS Analisa Verbal, meliputi:
– Tes Sinonim (persamaan kata);
– Tes Antonim (lawan kata):
– Tes Padanan hubungan kata;
– Tes Pengelompokan kata.
Soal CPNS Analisa Numerik, meliputi:
– Tes aritmetik (hitungan);
– Tes Seri angka,
– Tes Seri huruf;
– Tes Logika Angka;
– Tes Angka dalam cerita.
Soal CPNS Berpikir Logis dan Analitis, meliputi:
– Tes Logika Umum;
– Tes Analisa Pernyataan;
– Tes Kesimpulan Silogisme;
– Tes logika Cerita;

Bagian ini menurutku adalah bagian yang paling sulit diantara ketiga tes TKD. Saya menyiasatinya dengan lebih banyak berfokus pada bidang yang benar-benar saya kuasai seperti ANALISIS VERBAL DAN BERPIKIR LOGIS. Soal-soal Sinonim, antonim, Pedanaan kata dan pengelompokan kata, logika umum, analisi pernyataan, silogisme, logika cerita menurut saya lumayan mudah.

Selain lebih mudah di kerjakan tes ini juga saya rasa tidak membutuhkan banyak waktu dalam pengerjaanya. Kuncinya jika sebelumnya kita banyak membaca buku saya yakin kita sudah memiliki perbendaharaan kata yang mengendap di otak kita. Saya merasa banyak membaca novel sangat membantu kita memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Selain itu saya banyak membaca contoh-contoh soal-soal  seperti ini juga ditambah dengan membaca kamus-kamus kosa kata ilmiah yang menurutku itu sangat-sangat membantu saya.

Sementara untuk tes numerik terutama di aritematik (hitungan) yang sedari dulu sejak jaman SD saya selalu dapat niai dibawa rata-rata saya hanya menjawabnya dengan menggunakan feeling, tidak lagi harus menghitung-hiutung menggunakan rumus2 yang sama sekali tidak bisa kukerjakan. Hahahha. Jadi tipsnya saya hanya mencari nilai yang kemungkinan paling mendekati jawaban yang benar. Disamping waktu yang disediakan memang terbatas.

Intinya tes ini harus dikerjakan keseluruhan, meski kita tidak yakin jawaban kita benar atau tidak. Jangan di kosongkan, soalnya kesalahan dalam menjawab tidak akan menyebabkan berkurangnya nilai, sementara jika dibiarkan kosong kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan poin jika tebakan kita kebetulan benar. Jadi intinya jawab sajalah semua soal-soal ini, jangan dikosongkan. 

3.  Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Bobot 143
Soal CAT CPNS Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi, materi soal TKP meliputi:

– Integritas diri;
– Semangat berprestasi;
– Orientasi pada pelayanan;
– Kemampuan beradaptasi;
– Kemampuan mengendalikan diri;
– Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
– Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
– Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
– Menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
– Orientasi kepada orang lain;
– Kreativitas dan inovasi;

Bagian ini adalah bagian yang paling mudah dan memiliki bobot tinggi. Tes karakteristik Pribadi. Karena judulnya TKP maka otomatis komponen penilaiannya berdasarkan karakteristik pribadi kita. Disini Tidak ada hitungan matematis tidak ada benar atau salah, yang dinilai murni adalah karakteristik kita. Kuncinya adalah konsistensi kita menjawab soal-soal yang ada.
Sepemahaman saya, karena tes ini bertujuan untuk menilai karakteristik pribadi kita makan spontanitas adalah cara tebaik untuk menilai karakteristik seseorang.  Jadi agar jawaban kita bisa mencerminkan karakteristik kita saya sarankan kalian menjawabnya secara spontan jangan terlalu banyak pertimbangan ketika menjawab soalnya.

Karena konsistensi anda akan menjadi penilaian di sini. Jangan sekali-kali mencoba menjawab pernyataannya dengan ukuran benar dan salah. Jawaban seperti itu justru akan menjadi bomerang buat kalian. INGAT Jangan Menjawab Soal Seperpeksionis mungkin, jawablah apa adanya.

Selain faktor-faktor diatas faktor non tekhnis sangat perlu diperhatikan sebelum mengikut tes. Seperti “Berdoa”. Tak bisa dipungkiri “doa” merupakan senjata utama yang saya gunakan untuk melewati tahapan-tahapan tes kemarin, terutama doa orang tua. jangan sungkan-sungkan untuk meminta orang tua bangun tengah malam khusus mendoakan kalian agar bisa lulus PNS. Selain itu faktor non tekhnis  lain yang harus menjadi perhatian seperti beberapa hal berikut:

  •  Sarapan. Tes CAT akan membutuhkan banyak energi, jadi saya sarangkan kalian harus sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ujian.  
  •  Istirahatalah yang cukup di malam ujiannya, jangan sampai pada saat mengikuti tes sambil ngantuk-ngantuk. Ingat tes CAT itu dibatasi waktunya maka konsentrasi yang tinggi sangat dibutuhkan.
  •  Periksalah perlengkapan tes mu seperti kartu ujian, pulpen, dan syarat dan prasyarat yang sudah ditentukan panitia.
  •  Perhatikan  lokasi tesnya, sebaiknya datanglah sehari sebelum tes untuk memastikan tempat tes kalian.
  • Datanglah lebih awal, agar terhindar macet dan terlambat ikut tes

hal yang tak kalah pentingnya adalah berpasrah. setelah berdoa, berusaha maksimal maka berpasrah adalah kunci dari semuanya. Dengan berpasrah kita akhirnya akan menggantungkan takdir kita pada penentu takdir. Sehingga apapun hasilnya nanti tidak akan mengecewakan kita. Semoga tips dan trik diatas bisa membantu kalian melewati tahapan tes CPNS tahun 2017 ini. Semoga kalian bisa diterima di instansi-instansi yang kalian inginkan. Amin.

Oh iya, Buat teman-teman yang sekiranya membutuhkan kumpulan soal-soal CPNS,TPA dan berbagai macam file-file yang mendukung pembelajaran CAT bisa menghubungi saya di facebook atau di instagram saya @asdar_munandar atau bisa langsung komentar di Bloog saya ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat


  

17 comments:

  1. Mas asdar, saya tertarik dg kumpulan soal2 dll yg mas tawarkan. Kalo berkenan saya boleh minta mas, email saya : dhanu.dj07@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Kk asdar boleh lah eka toon diemail.. 4 pilarnya

    ReplyDelete
  3. Halo mas, bisa kirimin buku 4 pilarnya di fransdaendra@gmail.com
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  4. Permis, apakah sy boleh meminta materi yg mas pelajari? Jika diperbolehkan, sy mnta tlg mas kirimkan via email rifkamlg@gmail.com . Terimakasih sebanyak banyaknya mas

    ReplyDelete
  5. Assalamu alaikum,terimakasih untuuk ulasannya mengenai tips n trikny sangat bermamfaat buat yg lagi berjuang heheh,,oia jika berkenan membagi ilmunya lewat ranii1991@yahoo.com saya sangat berterimakasihh ☺��

    ReplyDelete
  6. Assalammualaikum.Siang Mas Asdar,4 buku pilar kebangsaannya boleh dshare? Hehe
    (Cahyonoantoni1@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Halo selamat siang mas :D terimakasih atas share nya yg sangat bermanfaat. Boleh minta untuk di kirim file nya? Ke niarwindari.nw21@gmail.com Terimakasih banyak mas nya yg baik hati...

    ReplyDelete
  8. Halo selamat siang mas :D terimakasih atas share nya yg sangat bermanfaat. Boleh minta untuk di kirim file nya? Ke niarwindari.nw21@gmail.com Terimakasih banyak mas nya yg baik hati...

    ReplyDelete
  9. Mas mnta donk file2 nya hafezlalu@gmail.com makasi sebelumnya..

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum... selamat pagi.. boleh minta file bukunya? (izacaius1508@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek email mas, kalo ada beberapa file yang minta pasword, pake "koruptormasukneraka"

      Delete
  11. assalamualaikum mas. saya boleh minta tolong dikirimkan file buku untuk belajar ke rahmawiga@gmail.com? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di kirim ya Mbak, semoga bermanfaat soal2nya. dan sukses untuk ujiannya, semoga diterima di instansi yang diinginkan.

      Delete
  12. halo Assalamualaikum mas Asdar, booeh saya minta tolong untuk dikirimkan file bukunya untuk saya pelajari? (brizqiany@gmail.com) terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum mas Asdar, boleh saya minta tolong untuk dikirimkan filenya untuk saya pelajari. (brizqiany@gmail.com) terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  14. wah baru liat nih. mohon maaf banget. pasti udah tes kan ya. semoga keterima di tempat yang diinginkan.

    ReplyDelete