Kamu Islam seperti apa ?.   Pertanyaan ini selalu dilematis. Menurutku keislaman saya adalah urusan saya dengan Tuhan saya. Tak p...

Islam atau Islam




Kamu Islam seperti apa ?.
 Pertanyaan ini selalu dilematis. Menurutku keislaman saya adalah urusan saya dengan Tuhan saya. Tak perlu didiskusikan saya ini berislam dengan model seperti apa, mengapa aku memilih Islam seperti ini atau mengapa aku sering terlibat berbagai macam aliran dan golongan dalam Islam. Bagiku, Islam itu bukan soal siapa putih siapa hitam, siapa benar siapa salah, siapa kawan siapa lawan, siapa banyak penganutnya siapa sepi, siapa yang paling nyunnah dan siapa pelaku bid’ah, siapa suci, siapa pendosa, siapa yang akan masuk surga dan siapa yang calon penghuni neraka. Itu di luar kuasa kita sebagai manusia. Itu murni dalam wilayah Tuhan. 

Jadi kamu Islam seperti apa ?.
Pertanyaan seperti di atas seakan-akan terdengar di telinga saya  kamu Islam apa bukan ? pada dasarnya saya merasa saya bukan NU, saya bukan Muhammadiyah,  bukan Salafi, bukan HTI, bukan Tarbiah, bukan JIL, bukan Wahabi, bukan ISIS. Saya adalah semuanya. Mudah-mudahan inilah yang disebut muslim. Saya hanya ingin bahwa orang tidak lagi memandang kita berdasarkan golongan dan mazhab yang kita anut.  Saya berharap orang-orang memandang dan menilai kita sebagai suatu kemutlakan (absolut entity) tanpa menghubung-hubungkan dari kelompok mana kita termasuk serta dari aliran apa kita berangkat. 

Saya Islam. Islam Independen, tidak terikat dan berafiliasi dengan golongan tertentu. Jangan kira independensi saya dalam beragama adalah karena ketidak berprinsipan saya. Justru keindependensian saya adalah wujud dari  prinsip saya untuk selalu berada pada titik netral. Netral berarti bebas, terlepas dari polarisasi agama. Bebas memilih dan menentukan prinsip hidup beragama yang akan saya jadikan pegangan hidup. Bebas dalam artian saya bisa memilih mode dan metode yang paling tepat untuk tipologi manusia seperti saya. hehehehhe.

Anda boleh setuju atau tidak itu hak proregative anda J

0 komentar: